Ini Dia 5 Langkah Mudah Membuat Business Plan

Kesabaran merupakan kualitas yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin memulai sebuah usaha. Kualitas ini sangat diperlukan ketika harus menghadapi orang-orang dengan berbagai macam karakter, mulai dari rekan kerja, karyawan, hingga konsumen. RumahCom – Mungkin karena melihat peluang dan potensi sebuah bisnis, Anda pun akhirnya tertarik ingin mencoba untuk memulai usaha sendiri. Bayangan memiliki bisnis sendiri tentunya sangat menyenangkan, apalagi membayangkan jika Anda akan menjadi bos bagi diri sendiri. Jika Anda sedang berada di rumah dan bingung untuk memulai usaha baru maka Anda bisa mencoba untuk membuat vlog harian sekaligus menjadi youtuber.

Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha. Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah. Stamina untuk bertahan paling efektif dalah motivasi yang muncul dari dalam.

Jika sudah mendapatkan audiens, Anda bisa menggunakan iklan, konten bersponsor, dan link afiliasi untuk menghasilkan uang. Beberapa blogger juga memanfaatkan visitor post untuk weblog bisnis, membuat merchandise, serta membuat kursus on-line. Model bisnis e-Commerce ini mengharuskan Anda bekerja sama dengan pemasok grosir.

Coba bayangkan bagaimana kalian bertahan hidup di tanggal tua hanya bermodal kentang dan sosis? Berikut tips dari Wulan Ayodya, owner UKMKU sekaligus penulis buku agar bisnis tak mati. Hal ini dapat dihindari dengan membuat perjanjian antara para pendiri atau founders settlement. Jika nantinya bisnis Anda berkembang dengan adanya investor baru yang akan masuk dan akan dibuat dalam bentuk PT, Anda dapat membuat perjanjian pemegang saham untuk melindungi hak Anda. Demikian artikel mengenai 5 cara untuk membuat bisnis Anda lebih efisien.

Sumber dana di sini maksunya yang didapat dari pihak lain, seperti investor, perbankan, atau modal ventura. Mungkin Anda menawarkan produk layanan yang tidak lagi menjadi tren. Bisnis yang sukses selalu menawarkan nilai dan minat yang sedang tren pada pelangan yang sudah ada dan pelanggan potensial. Lakukan survey pada pelanggan dan cari tahu apa yang jadi minat mereka dan ikuti dengan perubahan sesuai tren dengan menggunakan manajemen relasi pelanggan. Dengan istilah sederhananya, pelanggan harus mau membayar produk atau layanan Anda dengan harga yang cukup tinggi untuk mendukung bisnis tetap berjalan. Kesalahan fatal yang biasa dialami kebanyakan bisnis yang gagal adalah memiliki dana operasional yang tidak memadai.

Membuat bisnis baru

Terakhir, coba ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa testing website. Banyak perusahaan on-line dan developer yang membutuhkannya untuk menguji web site dan menilai apakah UX-nya sudah cukup baik. Mereka kemudian menggunakan suggestions tersebut untuk menyempurnakan situsnya. Apabila memiliki hobi menulis dan sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, Anda mungkin ingin mencoba ide bisnis rumahan menjadi seorang editor freelance.

Kemudian, Anda bisa meminta mereka untuk memasarkan produk atas nama Anda, yang dikenal dengan istilah white labeling. Kegagalan bisnis bukanlah salah kalian karena tak menemukan barang yang sesuai dengan kehendak kalian di awal. Tidak masalah dengan semua itu, setidaknya kalian bisa evaluasi dan memulai kembali bisnis kalian dari titik nadir. Jangan sampai sudah melakukan promosi tapi produknya tidak enak. Kalau menjual makanan atau kosmetik rumahan tentu harus ada izin dari BPOM. Namun, tetap harus ada tempat memajang meski tak luas, agar orang percaya dengan produk yang dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.