Pentingnya Inovasi Bisnis Di Tengah Pandemi Covid

Secara umum inovasi produk adalah sebuah cara untuk menciptakan produk yang baru, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga pembeli berkeinginan untuk membeli produk tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Pemilik perusahaan dan pelaku bisnis yang melakukan langkah-langkah di atas untuk memulihkan operasi selama Covid-19, mungkin akan menjadi peristiwa besar yang merbah segalanya. Cara tersebut dapat mebawa banyak peluang bagi para pemula dan pemilik usaha kecil.

Akan tetapi, bukan berarti usaha ini tidak bisa dilakukan orang-orang yang minim pengalaman. Sebagai permulaan, Anda dapat bergabung dengan tim occasion organizer milik orang lain. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha konsultasi bisnis, kompetensi-kompetensi di atas perlu didapatkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Ditambah lagi, seorang profesional dalam bidang bisnis juga dapat memprediksi tren di berbagai industri. Orang yang pernah bekerja dengan beragam perusahaan dari berbagai industri akan dapat memberikan ide dan solusi dengan akurasi tinggi. Pada model bisnis ini, Anda pun bisa mematok harga lebih tinggi dari produsen atau supplier.

membuat sebuah inovasi baru

Pada usaha startup diharapkan mampu menguasai atau terjun ke seluruh bagian dari pangsa pasar, dengan orientasi mampu menjadi perusahaan besar yang dapat meningkat seiring dengan perkembangan waktu. Saat ini banyak orang memulai merintis usaha mereka baik usaha berskala kecil maupun berskala besar. Pengembangan juga dilakukan dengan merintis mulai dari awal proses perintisan bisnis atau usaha. Kita coba ambil satu contoh menarik, ditemukannya sedotan minuman yang bisa ditekuk, itu bisa dikategorikan sebagai inovasi. Sebelumnya, tidak ada orang yang mempermasalahkan sedotan yang lurus karena memang cuma itu yang ada. Sekarang, pelanggan rumah makan, resto atau kafe merasa kurang nyaman kalau sedotan minumannya tidak bisa ditekuk.

Inovasi juga berfungsi agar pemilik usaha tidak tergulung oleh arus perkembangan yang ada saat ini. Perkembangan zaman akan menuntut pemilik usaha untuk terus berinovasi sehingga dapat terus bertahan. Kemudian pemilik usaha berusaha bagaimana mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk diaplikasikan pada produk yang dibuatnya. Dengan produk baru tersebut akan menciptakan pasar baru yang mengincar harga yang lebih murah dengan produk yang tidak jauh berbeda kualitasnya.

Nah, apa yang sudah kita bahs di atas, tentang hal-hal yang bisa kita lakukan, dari yang paling tidak ideal sampai ke yang paling ideal, itu semua adalah cara-cara untuk melatih kemampuan berpikir. Yang perlu kita jauhi adalah, jangan sampai kita mempertahankan diri hanya karena untuk kepentingan egoisme-kebenaran-sendiri sehingga langkah kita terjepit karena salah berpikir. Atau juga terobsesi mendapatkan hasil besar dengan cara cepat tanpa dibekali pengetahuan yang akurat tentang diri. Dengan daya tarik tersebut, kini banyak orang ingin menjadi influencer on-line.

Ditangan seorang anak bangsa, dia dapat menciptakan plastik yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan dasar lidah buaya, sehingga mudah terurai oleh tanah dalam sepekan. Padahal selama ini kita mengetahui plastik yang diimpor dari cina itu mempunyai kandungan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bisa dibayangkan bagaimana kalau Karl Marx dan Yusuf Schumpeter berdialog secara imaginer dengan topik “pengabaian kewirausahaan dalam mainstream ekonomi modern”. Semua faktor yang menghambat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi dapat dijelaskan oleh para mahasiswa ekonomi, kecuali faktor aktivitas kewirausahaan. Bahkan, dalam mempelajari ekonomi sosialis dan kapitalis sekalipun, peranan kewirausahaan juga tidak akan disinggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.