Mindset Dan Cara Memulai Bisnis Kuliner Yang Kreatif Dan Inovatif

Orang yang selalu memenangkan bisnis tentu saja selalu melakukan inovasi agar tercipta makanan ringan baru. Nah, dengan adanya inovasi, maka produk yang Anda miliki menjadi berbeda dengan produk lainnya. Pun, akan mudah bagi konsumen untuk melihat ciri khas produk Anda. Anda mungkin berpikir semua yang Anda butuhkan produk dengan rasa yang enak untuk disimpan di rak.

Untuk Anda yang ingin mendukung usaha mereka dapat melakukan investasi di Amartha. Namun, pandemi dan lockdown telah meyakinkannya untuk menjalankan kembali pasionnya di bidang kuliner. Dalam memasarkan berbagai menu buatannya, dia memanfaatkan media sosial dan whatsapp group. Adapun untuk proses pengantarannya menggunakan jasa pengantaran kurir. Tak sedikit yang kemudian menjadikan kondisi ini sebagai peluang untuk memulai bisnis kuliner rumahan selama masa lockdown.

Menjadikan binsis makanan sebagai usaha  baru

Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti supermarket, swalayan dan lain sebagainya. Memang, Hendy bilang, dampak kenaikan harga barang maupun energi bisa ditekan dengan mengerek harga jual. Tapi, tak setiap pelaku usaha kuliner bisa leluasa mengerek harga jual. Pengusaha jasa boga, contohnya, tak bisa begitu saja mematok kenaikan harga jual tanpa persetujuan klien. “Banyak perusahaan jasa boga merugi karena persetujuan kenaikan harga dari klien bisa memakan waktu hingga tiga bulan,” ujar Rahayu Setiowati, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia .

Maka dari itu perlu adanya acuan atau standar pengelolaan yang perlu Anda terapkan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bisa tertata rapi serta dapat mendapatkan laba yang maksimal. Wulan, 25, misalnya yang memaksimalkan potensi yang dimilikinya dengan berjulan beraneka sambal secara daring. Jajanan khas rakyat Indonesia yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, dan pasti semua orang Indonesia menyukai jajanan yang satu ini. Tak ada salahnya kalian membuat diskon terbatas, pada momen nasional, semisal saat Hari Raya, hari Kemerdekaan, atau momen libur sekolah. Adanya diskon, biasanya akan buat konsumen berbelanja atau pesan makanan lebih banyak dari biasanya terlebih saat liburan keluarga.

Jika kualitas makanan yang dijual terus dijaga maka pelanggan akan terus bertahan menggunakan produk tersebut. Khusus mengenai media sosial, sulit dipungkiri bahwa media sosial kini menjadi suatu kebutuhan. Lewat media sosial, kita bisa mengetahui perkembangan yang terjadi di masyarakat, termasuk soal apa yang sedang pattern dan digandrungi masyarakat, termasuk soal selera makanan. Dari media sosial juga kamu bisa mencari ide dan konsep baru untuk pengembangan usaha katering-mu.

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan. Kalau Anda ingin membuka suatu restoran, maka sudah pasti Anda membutuhkan karyawan. Baik untuk membantu menyiapkan makanan, untuk menjadi pelayan, kasir, cuci piring, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.