Korespondensi Bisnis Ekspor Impor

Untuk itu manfaatkan lembaga-lembaga seperti Dinas KUKM di bawah Kementerian KUKM, Kementerian Perdagangan, ITPC, dan sebagainya. Anda perlu menghubungi lembaga tersebut secara langsung agar dapat mendaftarkan perusahaan anda untuk diikutkan dalam event-event pemasaran di luar negeri yang mereka lakukan. Dengan volume ekspor yang tidak terlalu besar, pria kelahiran 1994 ini mengirimkannya dengan menggunakan jasa kurir internasional milik PT Pos Indonesia yaitu EMS.

Praktik mengekspor produk merupakan sesuatu yang sering kali dianggap terlampau mewah, bak mimpi di siang bolong, khususnya untuk pelaku UMKM. Bisnis ekspor, nyatanya juga bisa dilakoni para pelaku UMKM tanpa harus menunggu usahanya berkembang besar. Dengan upaya itu, diharapkan masyarakat khususnya pelaku usaha akan bisa menangkap peluang. Jika kemampuan membaca peluang tidak diasah dalam wadah tersebut, maka sangat sayang jika ada peluang sangat bagus namun tidak diambil. Dengan wadah tersebut, pihaknya ingin tim yang dibentuk mengelola inkubator eksportir dapat mencari peluang pemasaran produk. Selanjutnya, mereka mengajarkan kepada masyarakat tentang potensi yang bisa digarap dan dikembangkan untuk diekspor.

Pemerintah juga semakin rajin mengirimkan delegasi mengikuti pameran-pameran perdagangan internasional, maupun menggelar sendiri pameran perdagangan tersebut. Ajang pameran ini diharapkan bisa membantu para eksportir membuka pasar dan membantu importir mencari pasokan. “Pameran perdagangan bisa membantu mempertemukan antara consumers, sellers dan distributor,” tutur Ade. Pemerintah juga mendorong sektor UKM untuk memasarkan hasil produksi mereka ke luar negeri.

Indonesia memiliki fifty eight juta UMKM, jika terus didorong dan maju, tentu akan memberi devisa negara yang cukup signifikan. Melalui buku ini, penulis ingin berbagi pemahaman terkait aktivitas ekspor yang dianggap sulit dilakukan oleh UKM. Berdasarkan pengalaman ekspor berbagai komoditas sejak 1990 dan melakukan pendampingan ekspor bagi UKM sejak 2009, penulis menyarikan ilmu dan pengalamannya melalui buku ini. “Ini suatu kemudahan yang menguntungkan bagi para eksportir. Setiap cargo tidak perlu lagi ada bongkar muat di area pelabuhan, dari gudang bisa langsung masuk ke kapal,” tambah Jamil.

Anda bisa memanfaatkan banyak media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan juga website untuk melakukan pemasaran on-line dari produk ekspor tersebut. Selanjutnya untuk memuluskan bisnis ekspor impor di rumah, kita harus mencari para importir di luar negeri dalam jumlah sebanyak-banyaknya yang kelak menjadi mitra kerjasama kita. Kita dapat mencarinya lewat internet, surat kabar, katalog data importir, atau datang langsung ke Badan Pengembangan Ekspor Nasional yang mempunyai foundation daftar para importir yang sangat lengkap.

Dengan menggunakan software akuntansi on-line maka laporan keuangan bisa dibuat dengan cepat dan mudah sehingga pemilik usaha bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis ekspor mereka. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka informasi tentang produk yang Anda jual wajib ada di web site karena hampir semua calon pelanggan mencari tahu tentang sebuah produk di internet Main Slot Online. Tujuan mendaftarkan web site bisnis/produk ke dalam portal bisnis internasional adalah agar produk Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan . Buatlah katalog online yang menarik dengan mencantumkan informasi tentang produk seperti deskripsi, harga dan contact particular person.

Padahal produk yang diekspornya sepele berupa kerajinan tangan dari kayu. Karena usaha ekspor impor sangat menjanjikan dan belum diketahui orang banyak. Hal lain yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis ekspor adalah memaksimalkan media sosial advertising sebagai pemasaran on-line berkelanjutan produk Anda. Siapkan budget iklan untuk produk Anda di platform media sosial terpopuler seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Pasanglah iklan promosi itu untuk calon pelanggan di negara tujuan dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa negara tersebut.

Bisnis ekspor

Dengan terus melakukan inovasi, kita juga bisa membuat segmen target market yang baru. “Ternyata peluang-peluang (pada pasar ekspor-red) tidak datang dengan sendiri. Kita tidak harus menunggu orang datang yang mengatakan saya butuh ini, saya butuh ini. Tetapi kita harus jeli, kita harus sensitif dan memasang radar kita setinggi-tingginya,” jelas dia.

Namun fakta itu tidak menyurutkan sebagian pelaku usaha mengimpor sampah plastik dari negara kaya. Kini sebagian kecil dari plastik yang tidak bisa didaur ulang itu dipulangkan paksa pemerintah Indonesia. Semua pelaku ekspor impor harus memikirkan hal-hal ini dengan matang agar bisa sukses.

Aneka produk kerajinan merupakan salah jenis produk yang cukup tinggi nilai ekspornya. Ada banyak jenis kerajinan yang tembus pasar luar negeri, dari bahan logam, batu dan keramik, hingga bahan alami lainnya. Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, potensi bisnis ekspor Indonesia termasuk sangat menggembirakan. Peluang bisnis ekspor ini tak hanya untuk pelaku usaha besar, tak sedikit pula pelaku usaha kecil yang mampu melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *