Dampak Aturan Ketat Cina, Ekspor Ikan Di Jateng Turun 1 200 Ton

Terlebih lagi nominal keuntungan pelaku usaha berbeda-beda, ada yang merasa menjual Rp 2 ribu per ekor sudah dirasa cukup, ada juga yang minimal harus menjual Rp 5 ribu untuk komoditas yang sama. Hal tersebut terjadi karena kebutuhan setiap orang berbeda, dan juga kondisi geografis lokasi usaha juga menentukan. Otoritas setempat juga meminta warga yang membeli dan mengonsumsi cumi-cumi di kios makanan laut beku Sanjia Deda, Provinsi Changchun, periode Agustus, untuk melapor dan menjalani tes COVID-19, melansir Antara. Dua bulan berturut-turut setelah kasus Xinfadi, Cina telah memeriksa 500 ribu sampel produk, termasuk perikanan.

Semakin bertambahnya pasar ekspor ke berbagai negara dengan jenis produk perikanan yang berbeda-beda serta di dukung dengan fasilitas yang dimiliki membuat Perinus optimis dapat bersaing di pasar internasional. Menurut Imam, nelayan sudah bisa meningkatkan produksi ikan, tetapi kesulitan akses pemasaran. Padahal, ikan yang dihasilkan merupakan produk tidak tahan lama yang harus segera diserap.

Harganya yang tadinya Rp 60 ribu hingga Rp eighty ribu per kilogram sekarang jadi Rp 20 ribu hingga Rp sixteen ribu per kilogram,” kata dia. Sebelumnya, Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono juga telah melepas ekspor perdana ikan Kaca Piring ke Tiongkok dari Perinus Cabang Tegal, Jawa Tengah sebanyak 12 Ton dengan nilai Rp 413 Juta. Dari nilai tersebut, pangsa ekspor produk perikanan ke AS mencapai 40 persen atau tercatat sebesar 1,44 miliar Dolar AS. “Yang lebih membanggakan lagi, UPT BKIPM Bandung menduduki peringkat 2 ekspor ikan hias nasional,” kata Dedi.

Ekspor Ikan

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan ekspor komoditas kelautan dan perikanan nasional selama Januari-April 2021 menunjukkan meningkat 4,15%. Industri PT Dempo Andalas Samudera dapat menampungprocessingikan berkapasitas 20 ton. Komoditas tuna beku ekspor dikirim dari Padang melalui Teluk Bayur ke Jakarta, untuk kemudian diberangkatkan ke Amerika Serikat.

Sarjono berharap pemerintah daerah bisa membantu untuk mencarikan investor supaya pengelolaan udang rebon bisa maksimal di Cilacap. Ini yang menjadi pertanyaan, kenapa yang satu ini bisa bertahan yang lain tidak,” jelas Sarjono. Menurut Didi, pelepasan ekspor tersebut bukti nyata keberhasilan produk perikanan Indonesia berkontribusi terhadap penguatan perekonomian nasional dan perlu terus didukung agar bisa dilakukan secara kontinu.

Melihat fakta-fakta di atas, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dalam fungsinya sebagai BUMN trading, ikut ambil bagian dan menjadi pintu gerbang produk-produk ekspor nasional ke mancanegara. PT PPI kembali berhasil l melakukan ekspor ikan laut, kali ini ke Taiwan, untuk terus mengembangkan pangsa pasar internasional dan tidak menyurutkan kesempatan dan niat PT PPI di masa pandemi ini untuk meningkatkan nilai transaksi ekspornya. Dengan lanskap seperti itu, tak pelak Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya laut yang luar biasa, khususnya di sektor perikanan. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, nilai ekspor hasil perikanan Indonesia memperlihatkan peningkatan di setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *