Bisnis Bareng Teman? Ini Yang Harus Diperhatikan Halaman All

Meskipun penerapannya sempat ditolak oleh House of Lord, pajak yang dikenakan hanya atas orang-orang kaya ini ternyata tetap diberlakukan melalui Undang-Undang Parlemen pada tahun 1911. Meskipun telah berkembang cukup jauh, penggantian pajak modal menjadi PPh yang bersifat umum baru terjadi pada akhir abad ke-18. Tidak dengan mulus, berbagai perdebatan publik mengenai penerapan PPh yang telah dimulai sejak abad ke-16 turut menjadi katalis dalam proses pergantian ini.

Kompleksitas yang dimiliki oleh ITAA 1936 telah mengundang kecaman, terutama dari para profesional pajak. Berdasarkan Gambar 2.2 di atas, dapat dilihat bahwa proporsi PPh terhadap penerimaan negara di Denmark, Italia, Jerman, dan Prancis dalam anggaran pemerintah mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu. Terutama di Denmark yang penerimaan PPh-nya pernah menyumbang lebih dari 50% dari total penerimaan negara. Unsur terakhir ini mensyaratkan bahwa penghasilan tidak ditentukan atas nama dan bentuk yuridisnya, melainkan yang digunakan adalah hakikat ekonomi dari penghasilan yang dimaksud. Prinsip ini disebut dengan ”substance over-form principle” yang berarti bahwa hakikat ekonomi lebih penting daripada bentuk formal yang digunakan. Penghasilan dari pekerjaan, yaitu pekerjaan dalam hubungan kerja dan pekerjaan bebas seperti penghasilan dari praktek dokter, notaris, akuntan publik, aktuaris , pengacara, dan sebagainya.

Australia juga menerapkan ketentuan yang serupa, yaitu hanya memperbolehkan adanya pengurangan dari biaya pindahan yang diganti oleh pemberi kerja. Biaya-biaya yang terkait dengan kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang­-undangan tidak dapat dibiayakan dalam menghitung PPh . Namun, atas penghasilan-penghasilan dari kegiatan tersebut diakui sebagai penghasilan dalam menghitung PPh. Berbeda dengan aset berwujud seperti bangunan, pabrik, atau mesin yang nilai manfaatnya akan menurun seiring berjalannya waktu. Tanah merupakan contoh aset berwujud yang tidak mengalami penurunan nilai manfaat sehingga pembebanannya tidak dapat dilakukan melalui penyusutan. Namun, biaya perolehan tanah akan diakui pada saat terjadinya pelepasan tanah tersebut.

Kedua, pensiun, baik pensiun negara, pensiun pribadi, dan pensiun atau anuitas lainnya yang diperoleh dari hubungan pekerjaan. Ketiga, manfaat jaminan sosial, misalnya tunjangan pencari kerja, dukungan penghasilan, tunjangan sakit, tunjangan kelahiran, pensiun untuk janda, tunjangan penderita cacat, dan lainnya. Untuk menghindari terjadinya penghindaran pajak terkait definisi karyawan ini, beberapa negara telah memberlakukan ketentuan tertentu.

Sementara itu, wajib pajak wiraswasta diperbolehkan mengurangi biaya pakaian seragam . Namun, ketentuan ini tidak berlaku bagi biaya pakaian seragam untuk pekerja lainnya. Salah satu biaya yang memiliki karakter combined business and private expenses adalah biaya perjalanan kerja. Dari perspektif kegiatan usaha, biaya perjalanan kerja diperlukan untuk menempatkan wajib pajak dalam posisi untuk memulai kegiatan memperoleh penghasilan. Namun, di sisi lain, biaya perjalanan kerja juga terikat dengan kepentingan pribadi, seperti di mana wajib pajak harus tinggal dalam kaitannya dengan tempat kerja dan sarana transportasi yang digunakan. Secara umum, penghasilan yang diperoleh dari kegiatan ilegal tetap akan dikenai pajak .

Orang pribadi yang belum menikah akan diperlakukan sebagai subjek pajak tunggal. Ia akan membayar pajak dengan jumlah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan subjek pajak yang berupa pasangan yang telah menikah atau belum menikah dan orang pribadi yang sudah menikah, tetapi pasangannya telah meninggal. Subjek pajak tidak memperoleh manfaat pajak, seperti pengurangan penghasilan tidak kena pajak yang dimiliki oleh istri yang tidak bekerja dan menggantungkan nafkah keluarga dari suaminya. Secara umum, bangunan yang didirikan dan digunakan untuk tujuan pendidikan akan dibebaskan dari pajak.Meski demikian, istilah pendidikan juga harus ditentukan agar dapat ditemukan arti yang spesifik. Lembaga pendidikan yang bukan merupakan subjek adalah lembaga yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengembangkan kemampuan orang lain dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang pribadi dan komunitas berdasarkan instruksi orang pribadi dan lembaga publik. Selanjutnya, perwakilan IGOs yang direkrut secara lokal dan dibayar dengan upah yang berdasarkan sistem per jam juga tidak dikecualikan sebagai subjek pajak di negara penerima.

Meskipun definisi menurut IFRS ini dianggap cukup tepat, ketentuan perundang-undangan perpajakan kebanyakan lebih memilih untuk menggunakan definisi kegiatan usaha dalam konteks yang berlaku secara umum. Wajib pajak bisa saja menerima “penghasilan” dalam bentuk uang, properti, atau jasa. Namun, untuk menentukan seluruh “penghasilan” tersebut merupakan objek PPh atau tidak, bergantung pada Undang-Undang PPh yang berlaku bagi wajib pajak tersebut.

Hal yang diperhatikan untuk mencegah pecah kongsi

TCJA yang berlaku efektif pada tahun 2018 menjadi penanda terjadinya reformasi pajak AS sekaligus merupakan perombakan ulang pertama skema pajak AS yang terjadi setelah lebih dari tiga puluh tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, pemerintahan merumuskan kembali ITAA 1936 dengan bentuk yang sederhana, tetapi tidak mengubah ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam ITAA 1936 secara signifikan. ITAA 1936 diklaim sebagai undang-undang PPh yang terpanjang di dunia dan paling sulit untuk dimengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *